Rabu, 25 Mei 2016

Sisi Lain Microsoft Office (Part 2)

Jika part sebelumnya kita mengulik lebih dalam tentang Microsoft Office secara keseluruhan, maka pada part kali ini saya mengajak pembaca untuk menelaah apa sih hebatnya Microsoft Excel.

Sebagian besar dari kita yang sering mengerjakan laporan keuangan, membuat tabel dan grafik atau pekerjaan yang melibatkan banyak angka dan perhitungan tentu sangat mengenal salah satu software dalam paketan Microsoft Office ini. Software ini cukup diandalkan untuk membantu pekerjaan - pekerjaan seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan ini memang fakta. Akan tetapi, jika kita mau menjelajah lebih dalam tools atau menu - menu di dalamnya,  bahwa terdapat banyak fitur lain yang lebih advance ketimbang hanya sekedar membuat tabel atau grafik dan perhitungan matematika dasar yang notabene-nya masih bisa dikerjakan secara manual.

Mungkin yang paling umum dan banyak kita ketahui adalah fungsi / rumus SUM (penjumlahan baris / kolom), COUNT (penjumlahan banyak data dalam baris / kolom), atau IF (pengkondisian). Itu baru sebagian, dan menurut pengalaman saya hanya digunakan untuk perumusan yang sederhana.

Dalam beberapa kasus perkantoran yang rumit, anda perlu membuat perumusan IF dengan 7 tingkat (untuk versi MS.Office 2007 maksimal hanya mendukung 7 tingkat) ataupun lebih dari 7 tingkat dengan menggunakan versi 2010 ke atas. Dan pada proses pembuatan formula tersebut tidak dapat dipungkiri itu sangat menuras tenaga dan waktu kita. Mungkin anda akan membutuhkan waktu berjam-jam, itu belum termasuk menguji coba formulanya apakah outputnya sudah sesuai yang diharapkan, nah setelah selesai dan di uji coba, baru kemudian akan terasa manfaatnya dimana anda tinggal melakukan input satu atau dua data dan excel akan menghitung outputnya secara otomatis sesua formula yang telah anda buat sebelumnya, dan tentu saja akan mempermudah pekejaan-pekerjaan anda di masa mendatang.

Dan para pembaca, tahukah bahwa MS. excel bisa membantu kita untuk membuat template form database seperti yang biasa dikerjakan dengan bantuan software pemrograman seperti Foxpro atau visual basic? Meskipun secara tampilan lebih sederhana, MS Excel mampu mengakomodasi hal tersebut.

Berdasar dari pengalaman saya, membuat database seperti sistem penggajian karyawan atau payroll tidaklah sesulit yang selama ini kita bayangkan. Hanya dengan penguasaan dari pengembangan rumus IF kita dapat membuat form yang nantinya dapat memudahkan perhitungan gaji dengan input data berdasarkan parameter - parameter yang sudah ditetapkan seperti komponen gaji pokok dan tunjangannya sesuai dengan golongan karyawan tersebut. Akan tetapi  tidak banyak rekan sesama kerja yang mengerti penerapan rumus - rumus excel seperti ini dan menyerahkan sepenuhnya pada software pemrograman yang lebih advance atau membeli program jadi. Itu baru satu contoh.

Bagi Anda yang hobi pemrograman, maka MS Excel mungkin bisa mengakomodasinya. Hal ini dikarenakan perusahaan Microsoft telah memasukkan  bahasa pemrograman berbasis Visual Basic (VBA) di dalamnya. dan hal ini terus diperbaharui seiring versi - versi terbaru MS Excel. Dengan demikian, kita cukup terbantu dengan adanya integrasi semacam ini dalam satu software whole package - setidaknya tidak perlu menginstalasikan software khusus Visual Basic :) -

Bagi Anda para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau Anda yang bekerja dengan data yang sangat banyak pastilah mengenal program SPSS. Program penunjang statistik ini memang sangat populer dikarenakan tools - toolsnya yang sangat powerful. Lalu bagaimana dengan MS Excel sebagai software perkantoran? Jangan salah, MS Excel pun memiliki tools - tools dasar untuk statistik tingkat dasar hingga lanjut, seperti rumus statistika umum untuk menghitung standar deviasi suatu kumpulan data (STDEV), menghitung varian (VAR), mengetahui data terbanyak maupun rata - rata suatu range data (MODE & AVERAGE), itu belum termasuk tools-tools yang disembunyikan microsoft (maksudnya dalam kondisi instalasi standar tidak diaktifkan, tetapi dapat diaktifkan secara manual)

Lebih lanjut lagi MS Excel juga memiliki fungsi - fungsi statistik lanjutan misalnya menguji distribusi data dengan begitu banyak metode seperti Weibull test (WEIBULL.DIST), Z-test (Z.TEST), t - test (T.TEST). Demikian juga untuk mengetahui independensi data dengan Chi-Square test (CHISQ.TEST) dan koefisien korelasi antar data (CORREL), dan masih banyak fungsi - fungsi lain yang tidak dapat saya jabarkan satu per satu di blog ini.

Belum lagi bagi anda para engineer dan analis keuangan, MS Excel menyediakan fungsi - fungsi yang dapat mempermudah kerja Anda. Dari hal - hal yang sudah saya sebutkan di atas, Microsoft Excel tidak bisa diremehkan atau dipandang sebelah mata hanya karena image kebanyakan sekarang adalah "bikin tabel pake Excel". Tapi jika kita mau mempelajari, paradigma akan beralih menjadi "wah Excel ternyata bisa bantu buat sistem di perusahaan". Karena ada lebih dari 450 rumus atau fungsi yang bisa kita gali lebih dalam lagi di dalam MS Excel yang saya sendiri pun masih belajar untuk dapat mengaplikasikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar