Selasa, 02 Oktober 2018

Setup Awal Odoo 11 (1)

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing cara memulai Setup Odoo 11 dari awal setelah dilakukan Instalasi.
Bagi anda yang belum mengikuti cara install Odoo klik link di bawah ini:




Setelah berhasil install anda bisa menghubungi alamat http://localhost:8069/ via browser atau sesuai alamat IP PC anda untuk segera memulai Odoo.

>> Membuat database baru :

Gambar 1 membuat database baru

Masukkan data yang diperlukan (untuk master password defaultnya blank/kosong dan bisa diset sesuai kebutuhan) lalu klik continue dan tunggu sampai proses selesai.
*bila anda mencentang kolom load demonstration data, maka odoo juga akan menginstall demo-data perusahaan yang sudah berisi beberapa transaksi dan produk.

Setelah proses selesai silahkan login dengan username dan password yang telah dibuat sebelumnya, anda akan masuk di menu administrasi odoo dan secara default menjadi Super User untuk admin Odoo. Anda akan diarahkan ke halaman apps untuk menginstall modul-modul yang anda butuhkan.

Gambar 2. Menu apps Odoo

Anda bisa menginstal modul satu demi satu dengan klik tombol install atau bisa juga install sekaligus dengan mengubah view di kanan atas, pilih yang akan diinstall lalu klik Base:modul immediate install. Dalam tutorial ini saya akan menginstall semua modul.

Gambar 3. Mengubah view dan install beberapa modul sekaligus

Setelah semua modul terinstal, tekan F5 untuk refresh halaman dan silahkan masuk menu setting. Disana akan tampak informasi-informasi  dasar tentang Odoo anda. Untuk pertama kali, biasanya bagi anda yang kesulitan memahami karena bahasa yang digunakan, anda bisa menuju menu Load a Translation dan silahkan load bahasa yang mudah anda pahami, kali ini saya akan coba load bahasa Indonesia (untuk translation bahasa Indonesia saya menjumpai ada beberapa terjemahan yang belum sempurna dan mungkin ada beberapa terjemahan yang menggunakan kata terlalu panjang sehingga malah merusak kenyamanan tampilan Odoo).

Gambar 4. Menu setting

Lalu pada menu implementation, disitu tertera prosentase implementasi yang telah anda lakukan terhadap Odoo, silahkan anda klik di bagian invoicing, klik next step dan akan anda lihat halaman yang mengharuskan anda mengisi data-data dasar perusahaan anda (logo, nama perusahaan, alamat, nomor pajak, mata uang, terms & condition, payment) silahkan diisi sesuai dengan data perusahaan anda masing2.

Gambar 5. My Company basic

*Khusus untuk field currency, untuk bisa merubah ke mata uang lain (misalnya Rupiah), anda harus  lebih dahulu mengaktifkan developer mode dari menu setting.

1. Klik Activate developer mode -- refresh (F5) -- pilih menus Users
2. Pilih administrator -- klik edit -- pada bagian extra right akan anda temukan multi currency -- beri centang pada kolom multi currencies.

Setelah melakukan langkah di atas, klik pada menu invoicing -- configuration -- accounting dan akan anda temukan menu currency, silahkan dipilih dan diset sesuai mata uang yang anda gunakan dalam transaksi.

Lalu next step pada implementation system, anda diharuskan mengisi Akun Bank. Klik setup your bank accounts, lalu isilah data-data bank yang anda gunakan, Akun Bank ini juga bisa digunakan untuk transaksi via Point of Sale (Kasir) dengan cara mencentang kolom use in point of sale.

Gambar 6. Membuat akun bank

Setelah membuat akun bank, anda bisa melihat Chart of Account dengan cara mengaktifkan developer mode -- users -- show full accounting features, lalu klik menu invoicing -- configuration -- accounting -- Chart of Account. Jika langkah yang anda lakukan benar, maka di menu Chart of Account sudah terdaftar akun bank seperti yang anda buat tadi.

Bersambung...





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar